Hidup ini indah, tergantung cara menikmati dan mempelajarinya      Hidup adalah belajar, dan belajar adalah hidup     
    Periode : 4/2011  |  Senin, 20 November 2017
 
 Info Aktual | Perpustakaan | Net-FAQ | Chat | PM | Forum Diskusi | Blog | Testimoni | Direktori Anda | Petunjuk 
 
     
 
user online :
terdaftar :
tamu :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mahasiswa :406
Dosen :10
Alumni :287
Pengamat :25
Total :728
anggota terbaru
Sigid (20/07/15)
Artikel :9813
Bank Soal :277
Topic :3820
Post :39298
Situs ini telah dikunjungi sebanyak 188291 kali
Total kunjungan hari ini 18
 
my portofolios























































SELAMAT NATAL 2014
SELAMAT TAHUN BARU 2015
Semoga Damai Sejahtera Menyertai Kita Semua.
di Indonesia




Selamat Hari Raya Nyepi 2014
Tuhan Memberkati



Selamat Hari Raya Paskah 2014
Habis Gelap Terbitlah Terang



Selamat Hari Raya
Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga 2014

Selamat Hari Raya
Turunnya Roh Kudus 2014



Selamat Hari Raya Waisak
Tahun 2014 / 2558



Selamat Merayakan
Isra' Mikraj 1434H



Selamat Merayakan Galungan 2013



Selamat Merayakan Idul Fitri 1434 H
Mohon maaf lahir dan batin.


Selamat Merayakan Idul Adha 1434H
bagi teman- teman yg merayakannya.





GONG XI FA CHAI 2564-2014
Semangat Baru dan Kekuatan Baru
agar Bermanfaat Bagi Sesama




Valentine 2014: Kasih terhadap Sesama seperti terhadap Diri Sendiri sebagai Wujud Penghormatan Kita terhadap Tuhan yang telah Menciptakan kita sebagai Makhluk Paling Mulia yang Berbeda- beda.

 

Google
Nama :  Agus Nisfan, Mahasiswa UDINUS
Nick :  gusnis   [PM]
status :   offline
Alamat :  Larangan Kab. Brebes
Telepon :  085865113949
Email :  a_nisfan@yahoo.com
YM ID :  a_nisfan
 
kirim blog | daftar blog
Mengenal ROUTER
30 Juni 2011   00:44:49
 
Router, dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai perute atau penghala, adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing (penghalaan). Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI. Router merupakan perangkat jaringan yang lebih kompleks dan mahal jika dibandingkan dengan device jaringan lainnya. Dengan menggunakan informasi pada masing-masing paket data, router dapat melakukan routing dari satu LAN ke LAN yang lain dan menentukan rute terbaik diantara jaringan. Trafik yang dibangkitkan oleh suatu LAN terisolasikan dengan baik dari trafik yang dibangkitkan oleh LAN yang lain. Jika 2 atau lebih LAN terhubung dengan router, maka setiap LAN akan dianggap sebagai subnetwork yang berbeda. Sama dengan bridge, router juga dapat menghubungkan network interface yang berbeda.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.
Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.
Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.

Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
a. static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
b. dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

 
Apa itu Kriptografi?
29 Juni 2011   22:17:18
 
        Di dalam Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan, Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier - Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography].
        Pada saat sekarang, kriptografi merupakan motode yang digunakan untuk mengacak data, sehingga orang lain tidak dapat membaca data yang dikirimkan. Data yang diacak tersebut disebut dengan plain text, sedangkan data hasil pengacakan disebut dengan chiper text. Data tersebut diacak dengan menggunakan kunci enkripsi (encryption key). Proses pengacakan data tersebut dari plain text menjadi chiper text disebut dengan enkripsi (encryption). Dan sebaliknya, proses pengembalian data dari chiper text menjadi plain text disebut dengan dekripsi (decryption).

 
Fiber Optik
29 Juni 2011   21:36:52
 
APA ITU FIBER OPTIC
Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan kabel optik dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh.

BAGIAN-BAGIAN KABEL FIBER OPTIC
Kabel Fiber Optik memiliki bagian-bagian yaitu :
a. Core, merupakan kaca tipis sebagai bagian inti dari kabel fiber optic dimana sinar data dikirimkan
b. Cladding, merupakan materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali ke core
c. Coating, merupakan lapisan plastik yang menyelimuti core dan cladding yang berfungsi untuk menyerap terjadinya kejutan dan menyuguhkan proteksi ekstra untuk mencegah tekukan kabel berlebih
d. Strengthing fibers, merupakan lapisan yang dapat menolong fiber dari benturan kasar dan daya tekan tidak terduga selama instalasi
e. Cable jacket, merupakan lapisan terluar dari kabel yang biasanya berwarna oranye, kuning, atau hitam

JENIS-JENIS KABEL FIBER OPTIC
1. Single-mode fibers
Mempunyai inti yang kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nanometer)
 
2. Multi-mode fibers
Mempunyai inti yang lebih besar(berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nanometer)

3. Plastic optical fiber optic
Merupakan kabel dengan basis plastik sma seperti single mode tetapi lebih ringan dan lebih murah harganya. Berdiameter sekitar 1 milimeter. Kabel jenis ini tidak cocok untuk jarak yang panjang.
 

CARA KERJA FIBER OPTIC
Sinar dalam fiber optik berjalan melalui inti dengan secara memantul dari cladding, dan hal ini disebut total internal reflection, karena cladding sama sekali tidak menyerap sinar dari inti. Akan tetapi dikarenakan ketidakmurnian kaca sinyal cahaya akan terdegradasi, ketahanan sinyal tergantung pada kemurnian kaca dan panjang gelombang sinyal.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN KABEL FIBER OPTIC
Keuntungan dari kabel fiber optic diantaranya :
- kecepatan, dapat menghantarkan data dengan kecepatan tinggi hingga mencapai ukuran gigabits
- bandwith, dapat menghantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dalam jarak transmisi yang cukup jauh
- resistance, ketahanan dan aman dari pengaruh interferensi sinyal radio, motor dan tahan terhadap cuaca dan awet
- ukuran, diameternya lebih tipis dan kecil dibandingkan dengan kabel tembaga
- murah, lebih murah dibandingkan dengan kabel tembaga untuk panjang yang sama

Kekurangannya : dalam proses pengirimannya. karenan harus diubah dari sinyal listrik ke sinyal optik, maka perawatannya akan lebih sulit dibandingkan kabel tembaga, terutama jika putus kabel. Disamping itu, konektor-konektor kabel fiber optic lebih mahal harganya dibandingkan dengan kabel tembaga.


 
Gigabit ethernet
8 Juni 2011   13:31:21
 
Apa itu Gigabit Ethernet
Gigabit Ethernet (GbE atau 1 GigE) adalah istilah untuk menjelaskan berbagai teknologi transmisi frame Ethernet di tingkat yang gigabit per detik, seperti yang ditetapkan oleh standar IEEE 802,3-2.005. Half-duplex gigabit hubs terhubung melalui link yang diizinkan oleh spesifikasi tetapi di pasar-rakit dengan penuh aktif adalah norma. Intel Pro/1000 GT PCI kartu jaringan. ( Sumber : Wikipedia )
Teknologi ini merupakan terobosan luar biasa dari generasi 10 Mbps (10BASE-T) Ethernet dan 100 Mbps (100BASE-T) Fast Ethernet standar yang sudah biasa digunakan untuk network connectivity.  
IEEE memberikan pengakuan pada proyek Gigabit Ethernet sebagai IEEE 802.3z Task Force.
Gigabit Ethernet sangat compatible dengan Ethernet dan Fast Ethernet Nodes. Sehingga ketiganya dapat dipergunakan dalam satu jaringan yang sama. Teknologi ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi aplikasi-aplikasi yang lapar akan bandwidth serta sekaligus mendongkrak kemampuan server dan desktop.

Apa saja manfaat dari Gigabit Ethernet?

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari Gigabit Ethernet :
- Mendukung kebutuhan bandwidth yang terus meningkat,
- memberikan enhancement yang memungkinkan fast optical fiber tersambung pada physical layer dari network. Sehingga dapat memberikan penambahan sepuluh kali lipat pada MAC (Media Access Control) untuk men-support video conferencing, complex imaging dan aplikasi data-intensive.
Apa Keunggulan dari Gigabit Ethernet?
Gigabit Ethernet memiliki keunggulan pada kompatibilitasnya dengan arsitektur jaringan yang paling populer saat ini yaitu Ethernet. Sehingga investasi baru untuk tenaga expert administrator maupun staff support tidak diperlukan. Disamping itu juga  tidak perlu membeli baru protocol tambahan atau perangkat middleware.

 
Apa itu Fast Ethernet?
7 Juni 2011   12:18:10
 
Fast Ethernet merupakan teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar Ethernet yang biasa. Kecepatannya bisa mencapai 100 megabit per detik.

Standar-standar yang dibuat untuk teknologi jaringan fast ethernet yang disebut juga 100BaseX diantaranya :
    * 100BaseTX
    * 100BaseFX
    * 100BaseT4
    * 100BaseVG.

Spesifikasi yang diratifikasi sebagai IEEE 802.3u pada tahun 1995 ini menjadi evolusi yang mengizinkan transmisi data yang jauh lebih cepat (10 kali lipat) dibandingkan dengan standar Ethernet yang sebelumnya, dengan menggunakan metode media access control yang sama, yakni Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD).
Disamping itu, format frame dan pengkabelan yang digunakan juga sama dengan Ethernet biasa, sehingga kompatibel dengan Ethernet. Kabel yang digunakan pada fast ethernet yaitu kabel twisted pair, atau kabel serat optik meski kabel koaksial (yang digunakan oleh Ethernet 10Base2 dan 10Base5) telah ditinggalkan. Dimana standar ini dapat bekerja dalam modus full-duplex atau half-duplex
 
Look@LAN
7 Juni 2011   12:02:10
 
Apa itu Look@LAN?
Look@lan adalah sebuah software yang digunakan untuk mengontrol jaringan komputer. Software ini memiliki kemampuan untuk dapat melihat IP Address, status, distance, operating system yang digunakan, hostname, netBIOS name, netBIOS user, SNMP status dan Trap. Selain fasilitas diatas, Look@LAN juga menampilkan informasi host yang sedang online/offline, operating system yang digunakan, NetBIOS dan SNMP yang ditampilkan dalam bentuk grafik.
Bagaimana cara penggunaannya?
Software ini merupakan software yang freeware. Setelah diunduh, selanjutnya diinstal. Untuk pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat profile dengan mengisi nama pada kotak profile name. selanjutnya isilah manual setting ip. IP yang diisi adalah ip yang akan dilihat. Apabila masih mengalami kebingungan dalam mengisi IP ini, bisa dilakukan dengan cara melihat berapa ip yang ada dalam interface list.
Looklan akan menampilkan hasil scan range ip yang kita masukan dan menampilkan daftar koneksi internet. Untuk mengetahui aktifitas yang dilakukan oleh ip tertentu, cukup klik dua kali ip dimaksud dan look@lan akan menampilkan informasi status ip dimaksud.
Bagaimana membedakan IP kita dengan IP penguna komputer yang lain?
Untuk mengetahui IP kita ketikan CMD pada run Command pada menu start. Ketikan ipconfig dalam prompt command. Angka yang muncul pertama kali adalah ip kita.
 
Domain Name System
1 Juni 2011   23:46:23
 
Domain Name System (DNS) merupakan sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke dalam suatu IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. DNS pada umumnya digunakan pada aplikasi yang terkait dengan internet sererti Web Browser atau e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet.

DNS server memiliki fungsi diantaranya :
- sebagai kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
- menyediakan keluwesan untuk kegagalan komputer
  (beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain).

Kelebihannya :
- mudah untuk diimplementasikan di protocol TCP/IP
- mudah untuk dikonfigurasikan (Bagi admin)
- user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address

Kekurangannya :
- tidak mudah untuk diimplementasikan
- tidak konsisten
- tidak bisa digunakan untuk membuat banyak nama domain.

 
Dynamic Host Configuration Protocol
1 Juni 2011   23:34:07
 
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakan protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat ip dalam satu jaringan dengan pemberian alamat ip secara otomatis. Dengan menggunakan Server DHCP, semua komputer yang terhubung dalam jaringan tidak perlu diberi alamat IP secara manual.  
DHCP juga memberikan banyak parameter jaringan seperti default gateway dan DNS server.
DHCP Server memiliki fungsi diantaranya :
memberikan IP kepada host atau komputer yang tersambung kepada suatu jaringan secara otomatis. Hal ini bisa dilakukan jika komputer-komputer dalam jaringan tersebut menggunakan setting IP secara DHCP atau di Windows dilakukan dengan mengaktifkan pilihan "Obtain IP Address Automatically".

Kelebihannya :
- Memudahkan dalam transfer data kepada PC client lain atau PC server.
- menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis dan konfigurasi lain.
- memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang tidak bisa dipakai oleh client yang lain.
- memungkinkan suatu client menggunakan satu alamat IP untuk jangka waktu tertentu dari server.
- Menghemat tenaga dan waktu dalam pemberian IP.
- Mencegah terjadinya IP conflict.

Kekurangannya :
Semua pemberian IP bergantung pada server, karena itu jika server mati maka semua komputer akan disconnect dan saling tidak terhubung

 
Jenis-Jenis Media Transmisi Jaringan
30 Mei 2011   12:34:45
 
Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam jaringan, semua media yang dapat menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau cahaya dapat dipakai sebagai media pengirim, baik untuk pengiriman dan penerimaan data. Pilihan media transmisi (pengirim) untuk keperluan komunikasi data tergantung pada beberapa faktor, seperti harga, performance jaringan yang dikehendaki, ada atau tidaknya medium tersebut.

A. Copper Media
Copper media merupakan semua media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga. Orang biasanya menyebut dengan nama kabel. Data yang dikirim melalui kabel, bentuknya adalah sinyal-sinyal listrik (tegangan atau arus) digital.

Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai transmisi data pada jaringan :

1. Coaxial Cable
Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV. Disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah, dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar.
Ada 4 jenis kabel coaxial, yaitu :
• Thinnet atau RG-58 (10Base2)
• Thicknet atau RG-8 (10Base5).
• RG-59
• RG-6
 
Ada 3 jenis konektor pada kabel Coaxial, yaitu
1). T konektor,
2). I konektor (socket)
3). BNC konektor.

Kelebihannya :
- lebih murah dari pada kabel fiber optic
- jarak jangkauannya cukup jauh dari kabel jenis UTP/STP yang menggunakan repeater sebagai penguatnya.
Kekurangannya :
- instalasi lebih rumit, baik installasi konektor maupun kabel.

Untuk saat ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagi intuk instalasi jaringan.

2. Twisted-Pair cable
Twisted Pair terdiri dari 2 jenis :
 
a. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Kelebihannya :
- lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar.
Kekurangannya :
- mahal,
- susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding),
- jarak jangkauannya hanya 100m .

b. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Kelebihannya : murah dan mudah diinstalasi.
Kekurangannya :
- rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik,
- jarak jangkauannya hanya 100m.

Ada beberapa kategori untuk kabel Twisted Pair, yaitu :
• Kategori 1 (Cat-1).
- menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24 pin dengan range impedansi yang lebar.
- Digunakan pada koneksi telepon dan tidak direkomendasikan untuk transmisi data.

• Kategori 2 (Cat-2).
- Range impedansi yang lebar,
- sering digunakan pada sistem PBX dan sistem Alarm.
- Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2, dengan bandwidth maksimum 1 MBps.

• Kategori 3 (Cat-3).
- Disebut juga kabel voice grade,
- menggunakan konduktor padat sebanyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 Ω dan berfungsi hingga 16 MBps.
- Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps.

• Kategori 4 (Cat-4).
- Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps,
- diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps.

• Kategori 5 (Cat-5).
- kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps
- jangkauan transmisi maksimum 100 m.

B. Optical Media
Ada tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan, yaitu
1). single mode,
Kabel fiber optic single mode merupakan fiber glass tunggal dengan diameter 8.3 sampai 10 mikrometer, memiliki satu jenis transmisi yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak jauh, dan membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektrum yang lebih kecil. Kemampuan kabel jenis single mode dalam mengantarkan transmisi adalah 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode, karena memiliki core yang lebih kecil sehingga dapat menghilangkan setiap distorsi dan pulsa cahaya yang tumpang tindih.
2). multi mode,
 Kabel fiber optic multimode terbuat dari fiberglass dengan diameter lebih besar, yaitu 50 sampai dengan 100 mikrometer yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak menengah. Apabila jarak yang ditempuh lebih dari 3000 kaki, akan terjadi distorsi sinyal pada sisi penerima yang mengakibatkan transmisi data menjadi tidak akurat.
3). plastic optical fiber  
plastic optical’fiber adalah kabel berbasis plastik terbaru yang menjamin tingkat performa yang sama dengan fiber glass dalam jarak pendek dengan biaya yang jauh lebih murah. Saat ini, fiber optic telah digunakan sebagai standar kabel data dalam biding physical layer telekomunikasi atau jaringan, seperti perangkat TV kabel, juga sistem keamanan yang menggunakan Closed Circuit Television (CCTV), dan lain sebagainya Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron).Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic). Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah).
Satu buah kabel fibre optic terdiri atas dua fiber, satu berfungsi untuk Transmit (Tx) dan satunya untuk Receive (Rx) sehingga komunikasi dengan fibre optic bisa terjadi dua arah secara bersama-sama (full duplex).

C. Wireless Network
Jaringan tanpa kabel (wireless network) pada saat sekarang ini sudah banyak digunakan,n dimana transmisi data yang terjadi menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Kendala yang dihadapi wireless network adalah masalah jarak, bandwidth, dan mahalnya biaya. Meski demikian untuk kebutuhan LAN di dalam gedung, saat ini sudah dikembangkan teknologi wireless untuk Active Hub (Wireless Access Point) dan Wireless LAN Card (pengganti NIC. Wireless Access Point juga bisa digabungkan (up-link) dengan ActiveHub dari jaringan yang sudah ada.
 
Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz.  

 
Memanfaatkan PC Router Mikrotik
27 Mei 2011   21:12:42
 
Ketika suatu sistem jaringan akan dibuat, baik itu skala kecil maupun skala besar, maka akan diperlukan sebuah perangkat yang disebut sebagai router. Perangkat router ini menentukan titik jaringan berikutnya di mana sebuah paket data dikirim ke jalur-jalur jaringan yang dituju.
Sebuah perangkat router umumnya terhubung sedikitnya ke dua jaringan, dalam konfigurasi dua buah LAN (Local Area Network) dengan WAN (Wide Area Network, seperti akses pita lebar broadband) atau sebuah LAN dengan jaringan penyedia akses internet (Internet Service Provider, ISP). Sebuah router biasanya terletak pada sebuah gateway, tempat di mana dua atau lebih jaringan terkoneksi satu sama lainnya. Untuk penggunaan akses broadband yang dikombinasi dengan penggunaan fasilitas nirkabel berupa Access Point, umumnya perangkat ini sudah dilengkapi dengan sebuah fasilitas router yang sudah lumayan lengkap.
Dalam kasus pada sebuah usaha kecil menengah dengan kebutuhan beberapa jasa jaringan seperti e-mail, web server, dan sejenisnya untuk menggunakan beberapa alamat protokol internet (IP address), perangkat router yang tersedia akan menjadi sangat mahal. Apalagi, kalau IP address yang digunakan hanya dalam jumlah yang terbatas, maka penggunaan perangkat keras router bermerek menjadi terlalu mahal.

Salah satu pertimbangan akan keterbatasan dana, maka kemungkinan untuk mengatasinya adalah dengan membuat sendiri apa yang disebut PC router, dimana menggunakan komputer yang sederhana dan murah dan memiliki dua perangkat Ethernet masing-masing digunakan untuk jaringan lokal dan lainnya untuk akses ke jaringan WAN (terhubung ke ISP). Perangkat PC router ini kemudian diisi dengan sebuah perangkat lunak router buatan Mikrotik (www.mikrotik.com) dengan tentunya membayar lisensi sekitar 45 dollar AS.
Perangkat lunak router Mikrotik memiliki seluruh fasilitas routing yang dibutuhkan, mampu mengendalikan jaringan kerja yang kompleks. Penggunaan dan pemasangannya sederhana, cukup dengan pelatihan sebentar saja, sebuah UKM mampu menggunakan fasilitas router ini tanpa harus memiliki departemen teknologi informasi sendiri.

Fitur PC router Mikrotik ini mencakup load balancing untuk membagi beban akses jaringan, fasilitas tunneling untuk membuat akses aman VPN (Virtual Provate Network), bandwith management untuk mengatur berbagai protokol dan port, serta memiliki kemampuan untuk dikombinasikan dengan jaringan nirkabel. Disamping itu, miktrotik juga menyediakan fasilitas firewall yang dapat digunakan untuk melindungi akses dari berbagai ancaman yang tersebar di internet.
Dari apa yang telah disebutkan di atas, maka bagi yang memiliki dana terbatas tapi menginginkan akses jaringan di dalam dan luar yang aman, mudah digunakan, murah, dan tangguh, solusi yang bisa diambil yaitu menggunakan Mikrotik adalah pilihan yang cukup masuk akal.

 
Standar IEEE 802.11n
27 Mei 2011   20:32:29
 
Standar IEEE 802.11n memiliki bit rate mencapai 600Mbps dibandingkan dengan 802.11a atau b atau g yang throughputnya 11 dan 54Mbps, merupakan Standar IEEE untuk Lokal dan Metropolitan Area Networks - Telekomunikasi dan Informasi Ixchange antara Sistem - Lokal dan Metropolitan Area Networks - Persyaratan Spesifik Bagian 11: Wireless LAN Medium Access Control (MAC) dan Physical Layer (PHY) Spesifikasi Perubahan 5: Perangkat tambahan untuk Throughput Tinggi.
Perubahan ini mendefinisikan modifikasi untuk keduanya yaitu  Physical Layer (PHY) 802.11 dan Medium Access Control Layer (MAC) 802.11 sehingga mode operasi dapat diaktifkan yang mampu untuk throughputs yang jauh lebih tinggi, dengan maksimum  throughputnya paling tidak 100Mb / s, yang diukur pada layanan data jalur akses MAC (SAP).

 
Sekilas Mengenal tentang IPv4 dan Ipv6
25 Mei 2011   02:52:37
 
IP address merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk terhubung dalam jaringan komputer dan juga internet. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan komputer/internet setidaknya harus memiliki IP address. IP address harus unik karena tidak boleh ada komputer/server/perangkat jaringan lainnya yang menggunakan alamat IP yang sama. Jika terjadi pemberian IP address yang sama maka akan terjadi konflik
Internet Protocol (IP) pada awalnya di rancang untuk memfasilitasi hubungan antara beberapa organisasi yang tergabung dalam departemen pertahanan Amerika yaitu Advanced Research Project Agency(ARPA). Sebelum terciptanya internet protocol, jaringan memiliki peralatan dan protocol tersendiri yang digunakan untuk saling berhubungan, sehingga mainframe vendor A tidak dapat berkomunikasi dengan minikomputer pada vendor Begitupun sebaliknya. Kondisi tersebut, akhirnya perlu memunculkan adanya suatu protocol yang dapat digunakan secara umum untuk menyatukan berbagai perbedaan dalam penggunaan perangkat yang terhubung di dalam jaringan. Protocol tersebutlah yang sampai saat ini masih mendominasi dalam pemakaiannya oleh masyarakat banyak, yaitu internet protocol versi 4 (IPv4).
Setelah IP v4 sukses penggunaanya oleh para pengguna internet, kemudian timbul suatu permasalahan baru dimana IP v4 hanya dapat menampung para pengguna internet sebanyak 4,3 milyar saja, sedangkan pengguna dari tahun ke tahun meningkat cukup tajam. Hal ini akan membuat para pengguna internet baru akan kehabisan alamat IPv4. berdasarkan hal itulah kemudian dirancang internet protocol baru yang di namakan IPnext generation pada (IPng) tahun 1996 yang penggunaanya secara bertahap akan menggeser penggunaan dari IPv4 yang telah sukses sebelumnya.
IPng dikenal juga dengan IPv6 merupakan suatu protocol layer ketiga terbaru yang diciptakan untuk menggantikan IPv4 atau yang sering di kenal sebagai IP. Alasan pertama dari penciptaan internet protocol version 6 (IPv6) ini adalah untuk mengoreksi masalah pengalamatan pada versi 4(IPv4). Mengingat adanya kebutuhan akan alamat internet yang semakin banyak, maka IPv6 di ciptakan dengan tujuan untuk memberikan pengalamatan yang lebih banyak di bandingkan dengan IPv4, sehingga perubahan pada IPv6 masih berhubungan dengan pengalamatan IP sebelumnya.
IPv6 memiliki konsep pengalamatan yang sama seperti  IP v4, akan tetapi lebih diperluas lagi untuk menciptakan sistem pengalamatan yang bisa mendukung perkembangan internet yang semakin pesat dan penggunaan aplikasi baru. Perubahan terbesar pada IPv6 adalah terdapat pada header, yaitu peningkatan jumlah alamat dari 32 bit(IPv4) menjadi 128bit(IPv6).

A. INTERNET PROTOCOL VERSION 4 (IPv4)

IP v4 pada awalnya adalah sederetan bilangan biner sepanjang 32 bit yang dipakai  untuk mengidentifikasi host pada jaringan. Alamat IP ini diberikan secara unik pada masing-masing komputer/host yang terhubung ke internet. Prinsip kerjanya adalah packet-packet yang membawa data dimuati alamat IP dari komputer pengirim data kepada alamat IP pada komputer yang akan dituju dan selanjutnya data tersebut dikirim ke jaringan. Packet-packet ini kemudian dikirim dari router ke router dengan berpedoman pada alamat IP tersebut menuju ke komputer yang dituju. Seluruh komputer/host yang tersambung ke internet, dibedakan hanya  berdasarkan alamat IP ini, oleh karena itu tidak boleh terjadi duplikasi pada alamat IP untuk setiap yang terhubung ke ke jaringan internet.
Pada IPv4 dapat di bagi menjadi 3 kelas yang tergantung dari besarnya bagian host, yaitu :
- Kelas A (bagian host sepanjang 24 bit, terdiri dari 16,7 juta host)
- Kelas B (bagian host sepanjang 16 bit, terdiri dari 65534 host)
- Kelas C (bagian host sepanjang 8 bit , terdiri dari 254 host)
Alamat IPv4 dapat juga di bagi menjadi 5 bagian, yaitu kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E. Akan tetapi kelas yang paling banyak digunakan adalah kelas A, B dan C saja, karena kelas E digunakan untuk alamat multicase yang tidak memilki network ID dan host ID, sedangkan kelas E digunakan untuk penggunaan khusus.

B. INTERNET PROTOCOL VERSION 6 (IPv6)
Latar belakang munculnya Ipv6 adalah keterbatasan pengalamatan IPv4 yang hanya memiliki panjang 32 bit dan dirasa tidak dapat menangani seluruh pengguna internet yang semakin meluas. Penggunaan IPv6 pertama kali direkomendasikan pada tanggal 25 juli di Toronto pada saat pertemuan IETF.  
IPv6 memiliki keunggulan dibandingkan dengan IPv4, diantaranya yaitu :
- Otomatisasi setting(stateless less auto configuration).
Alamat pada IPv4 pada dasaranya statis terhadap host. Biasanya di berikan secara berurut pada host. Memang saat ini hal ini bias di lakukan secara otomatis dengan menggunakan DHCP, tetapi hal tersebut pada IPv4 merupakan fungsi tambahan saja,  sebaliknya pada IPv6 fungsi untuk mensetting secara otomatis di sediakan secara standard dan merupakan default nya. Pada setting otomatis ini terdapata 2 cara tergantung dari penggunaan address, yaitu setting otomatis stateless dan statefull.
- Setting otomatis stateless
Cara ini tidak perlu menyediakan server untuk pengelolaan dan pemabgian IP address, hanya mensetting router saja di mana host yang telah tersambung di jaringan dari router yang ada pada jaringan tersebut memperoleh prefix alamat dari jaringan tersebut. Kemudian host menambah pattern bit yang di peroleh dari informasi yang unik terhadap host, lalu membuat IP address sepanjang 128 bit dan menjadikannya sebagai alamat IP dari host tersebut.
- Setting otomatis statefull
Merupakan pengelolaan secara ketat dalam hal range IP address yang di berikan pada host dengan menyediakan server untuk pengelolaan keadaan alamat IP, Dimana cara ini hamper mirip dengan cara DHCP pada IPv4. Pada saat melakukan setting secara otomatis, informasi yang di butuhkan antara router, server dan host adalah ICMP(Internet Control Message Protocol) yang telah di perluas. Pada ICMP dalam IPv6 ini termasuk pula IGMP(Internet Group Management Protocol) yang di pakai pada multicast dalam IPv4.
Pada IPv6 telah mendukung komunikasi komunikasi terenkripsi maupun authentification pada layer IP. Dengan memilki fungsi security pada  IP itu sendiri, maka dapat dilakukan hal seperti packet yang dikirim dari host tertentu seluruhnya dienkripsi. Pada IPv6 untuk authentification dan komunikasi terenkripsi memakai header yang diperluas yang disebut AH (Authentification Header) dan payload yang di enkripsi yang disebut ESP (Encapsulating Security Payload). Pada komunikasi yang memerlukan enkripsi kedua atau salah satu header tersebut di tambahkan.
Fungsi security yang di pakai pada layer aplikasi, mislnya pada S-HTTP dipakai SSL sebagai metode enkripsi, sedangkan pada PGP memakai IDEA sebagai metode enkripsinya. Sedangkan manajemen kunci memakai cara tertentu pula. Sebaliknya, pada IPv6 tidak di tetapkan cara tertentu dalam metode enkripsi dan manajemen kunci, sehingga mnejadi fleksibel dapat memakai metode manapun.Hal ini di kenal sebagai Sh(Security Assocaition). Fungsi Security pada IPv6 selain pemakaian pada komunikasi terenkripsi antar sepasang host dapat pula melakukan komunikasi terenkripsi antar jaringan dengan cara melakukan enkripsi paket oleh gateway dari 2 jaringan yang melakukan komunikasi tersebut.


 
IEEE 802.11n (Part 1)
21 Mei 2011   11:45:32
 
Standar IEEE 802.11n memiliki bit rate mencapai 600Mbps dibandingkan dengan 802.11a atau b atau g yang throughputnya 11 dan 54Mbps, merupakan Standar IEEE untuk Lokal dan Metropolitan Area Networks - Telekomunikasi dan Informasi Ixchange antara Sistem - Lokal dan Metropolitan Area Networks - Persyaratan Spesifik Bagian 11: Wireless LAN Medium Access Control (MAC) dan Physical Layer (PHY) Spesifikasi Perubahan 5: Perangkat tambahan untuk Throughput Tinggi.
Perubahan ini mendefinisikan modifikasi untuk keduanya yaitu  Physical Layer (PHY) 802.11 dan Medium Access Control Layer (MAC) 802.11 sehingga mode operasi dapat diaktifkan yang mampu untuk throughputs yang jauh lebih tinggi, dengan maksimum  throughputnya paling tidak 100Mb / s, yang diukur pada MAC data service access point (SAP).  .
 
Copper Distributed Data Interface (CDDI)
21 Mei 2011   01:55:31
 
Copper Distributed Data Interface (CDDI) merupakan implementasi dari protokol FDDI atas kawat tembaga twisted-pair. Seperti FDDI, CDDI menyediakan kecepatan data dari 100 Mbps dan menggunakan arsitektur dual-ring untuk memberikan redundansi. CDDI didefinisikan oleh ANSI X3T9.5 dan sesuai dengan model Open System Interconnection (OSI) dari layering fungsional. Standar CDDI secara resmi adalah standar Twisted Pair - Physical Medium Dependent (TP-PMD). Standar ini juga disebut sebagai Twisted Pair - Distributed Data Interface (TP-DDI).  CDDI konsisten dengan fisik dan media akses lapisan kontrol yang didefinisikan oleh standar ANSI.
Standar ANSI hanya mengakui dua jenis kabel untuk CDDI yaitu shielded twisted pair (STP) dan unshielded twisted pair (UTP). Kabel STP memiliki impedansi 150 ohm dan mengacu pada spesifikasi EIA / TIA 568 (IBM Tipe 1).
Untuk jaringan area lokal (LAN), CDDI (Copper Distributed Data Interface) adalah standar untuk transmisi data berdasarkan FDDI (Fiber Distributed Data Interface) yang menggunakan kawat tembaga shielded twisted-pair (STP) atau unshielded twisted-pair (UTP) bukan fiber optic. CDDI mendukung kapasitas dual-ring 200 Mbps. CDDI jarak maksimum adalah sampai dengan 200 meter, yang jauh lebih pendek dari FDDI.
CDDI adalah versi FDDI (Fiber Distributed Data Interface) dirancang untuk berjalan pada kabel STP dan UTP. CDDI dikembangkan secara terpisah oleh Cabletron dan Crescendo. Perusahaan tersebut kemudian mengkombinasikan teknologi mereka dan menerima persetujuan standar ANSI. Karena CDDI telah membatasi jarak kabel, konsentrator CDDI dapat terhubung ke sebuah ring FDDI sebagai subnetwork. Perbedaan antara FDDI & CDDI hanya pada PMD dan PHY. PHY bertanggung jawab untuk coding dan waktu dari sinyal. PMD (Physical Medium Dependent) bertanggung jawab untuk transmisi aktual pada kabel.

 
Mengenal ROUTER
 
Apa itu Kriptografi?
 
Fiber Optik
 
Gigabit ethernet
 
Apa itu Fast Ethernet?
 
Look@LAN
 
Domain Name System
 
Dynamic Host Configuration Protocol
 
Jenis-Jenis Media Transmisi Jaringan
 
Memanfaatkan PC Router Mikrotik
 
Standar IEEE 802.11n
 
Sekilas Mengenal tentang IPv4 dan Ipv6
 
IEEE 802.11n (Part 1)
 
Copper Distributed Data Interface (CDDI)
 

 
 
 
    
 Info Aktual | Perpustakaan | Net-FAQ | Chat | PM | Forum Diskusi | Blog | Testimoni | Direktori Anda | Petunjuk   
     
  Copyright©2007 Stefanus